Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hama Kelapa Hibrida yang Bisa Menyebabkan Kerugian

Kompas.com - 10/01/2023, 11:02 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kelapa hibrida adalah kelapa dari persilangan kelapa dalam dengan kelapa genjah. Hasil persilangan tersebut akan mendapatkan varietas baru yang memiliki sifat unggul.

Meskipun memiliki sifat unggul, budidaya kelapa hibrida tetap berisiko terserang hama tanaman. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (10/1/2023), hama kelapa hibrida bisa menyerang pucuk tanaman, daun, bunga, hingga buah. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Cara Menanam Kelapa Hibrida yang Benar agar Berbuah Lebat

1. Kumbang nyiur

Kumbang nyiur atau Oryctes rhinoceros merupakan salah satu hama yang menyerang kelapa hibrida. Hama ini bisa menyerang pucuk tanaman kelapa hibrida.

Ilustrasi Oryctes rhinoceros atau kumbang nyiur pada kelapaShutterstock/pittaya Ilustrasi Oryctes rhinoceros atau kumbang nyiur pada kelapa

Saat tanaman kelapa berumur 0 hingga 1 tahun, kumbang nyiur akan melubangi pangkal batang dan menyebabkan titik tumbuh mati. Sementara itu, pada kelapa yang sudah dewasa akan terlihat lubang di bagian pelepah muda yang belum terbuka.

Selain itu, daun tanaman juga akan terlihat seperti tergunting berbentuk segitiga. Hama ini bisa dikendalikan dengan cara mengaplikasikan agensia hayati, membuang batang kelapa yang sudah ditebang, dan mengaplikasikan pestisida 2 bulan sekali.

Baca juga: Cara Budidaya Kelapa Hibrida, Bisa Ditanam di Lahan Gambut

2. Kumbang sagu

Jenis hama kelapa hibrida lainnya yang dapat menyerang pucuk tanaman kelapa yaitu kumbang sagu. Kumbang ini bisa menyebabkan akar tanaman kelapa yang masih muda rusak.

Sementara itu, saat tanaman sudah dewasa akan terlihat kerusakan pada bagian tajuk dan membuat pucuk tanaman patah. Untuk mengendalikan hama ini bisa dilakukan dengan memotong dan membakar bagian tanaman yang terserang, membersihkan kebun, dan mengaplikasikan insektisida.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com