Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat dan Cara Mengaplikasikan Trichoderma sp untuk Tanaman

Kompas.com - 15/10/2022, 16:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman membutuhkan pupuk untuk dapat tumbuh dengan subur dan berproduksi dengan baik. Begitu pula dengan pestisida untuk mengendalikan dan membasmi hama.

Akan tetapi, dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (15/10/2022), penggunaan pupuk dan pestisida kimia dapat menimbulkan dampak yang negatif bagi tanah. Walau dampaknya tidak dirasakan sekarang, dampak pupuk dan pestisida kimia akan terasa di masa depan dan untuk memperbaikinya pun butuh waktu yang tidak sebentar.

Dampak lainnya adalah perkembangan penyakit, bakteri dan virus yang berada dalam tidah akan menjadi lebih cepat menyebar karena resistensi terhadap penggunaan secara terus menerus, sehingga penggunaan dosis pestisida akan menjadi lebih meningkat.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Kulit Kopi

Ilustrasi bio kontrol Trichoderma yang digunakan untuk mengendalikan penyakit pada tanaman. SHUTTERSTOCK/NAISAKORN Ilustrasi bio kontrol Trichoderma yang digunakan untuk mengendalikan penyakit pada tanaman.

Oleh karena itu, penggunaan pupuk dan pestisida kimia perlu dikurangi dan mulai beralih dengan menggunakan pupuk dan pestisida organik.

Salah satu bahan pupuk sekaligus pestisida organik adalah jamur Trichoderma sp. Manfaat Trichoderma sp untuk tanaman adalah sebagai berikut.

1. Sebagai biofertilizer atau pupuk organik

Trichoderma bekerja memperbaiki struktur tanah di sekitar perakaran tanaman dengan cara menguraikan zat-zat organik yang ada di dalam tanah. Di dalam tanah sebenarnya terdapat banyak zat organik, namun dalam bentuk ukuran yang tidak dapat diserap oleh tanaman.

Namun, dengan aplikasi Trichoderma maka bagan organik tersebut akan diurai dan setelah diurai oleh Trichoderma, zat-zat tersebut akan berubah menjadi ion-ion yang dapat diserap dan dimanfaatkan oleh tanaman.

Baca juga: Apa Itu Pupuk Bokashi dan Manfaatnya untuk Tanaman?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com