Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, 4 Cara Mengetahui dan Mengukur pH Tanah

Kompas.com - 09/12/2022, 09:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam budidaya tanaman, tanah berfungsi sebagai media tanam dan sebagai sumber unsur hara di mana akar tanaman memperoleh nutrisi atau makanan.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (9/12/2022), syarat utama media tanam yang baik adalah mengandung unsur hara yang cukup yang dibutuhkan oleh tanaman, sehingga tanaman mampu tumbuh dengan baik dan berproduksi secara maksimal.

Faktor penting lainnya yang juga sangat berpengaruh terhadap keberhasilan usaha budidaya tanaman adalah kadar keasaman tanah atau pH tanah. Setiap tanah memiliki kadar keasaman atau pH yang berbeda-beda.

Baca juga: Ciri-ciri Tanah Subur yang Menunjang Pertumbuhan Tanaman

Ilustrasi penggunaan pH meter untuk mengukur tingkat keasaman tanah. SHUTTERSTOCK/FEELIMAGE Ilustrasi penggunaan pH meter untuk mengukur tingkat keasaman tanah.

Permasalahan yang sering dihadapi adalah petani belum pernah melakukan pengukuran pH tanah. Padahal, pH tanah dapat diukur dengan menggunakan bahan sederhana, yakni kunyit.

Sebagian jenis tanaman dapat tumbuh dengan baik pada tanah dengan kadar pH rendah (tanah asam) dan sebagian lainnya bisa tumbuh pada tanah dengan pH tinggi (tanah basa).

Namun, sebagian besar tanaman yang sering dibudidayakan hanya bisa tumbuh pada tanah dengan pH netral.

Kadar pH tanah diukur dalam skala pH dengan rentang angka antara 0 hingga 14. Tanah dengan kadar pH 0 hingga 7 bersifat asam, sedangkan tanah dengan kadar pH antara 7 sampai 14 disebut basa.

Baca juga: Manfaat dan Cara Pakai Jerami Padi untuk Kesuburan Tanah

Tanaman yang dibudidayakan pada tanah dengan pH rendah maupun tinggi tidak akan tumbuh dengan baik. Sebab, pada tanam masam dan basa akar, tanaman tidak mampu menyerap unsur hara dengan baik.

Sebagian besar tanaman budidaya hanya mampu tumbuh dengan baik pada tanah yang memiliki kadar pH netral, yaitu 7. Adapun pH minimal yang masih bisa ditoleransi oleh tanaman adalah 5,5.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com