Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Stevia, Tanaman Pemanis Pengganti Gula

Kompas.com - 25/02/2023, 13:50 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Stevia merupakan tanaman yang bisa menjadi pemanis alami menggantikan gula. Bagian tanaman ini yang biasanya digunakan sebagai pemanis yaitu daunnya.

Semenjak digunakan sebagai pemanis alami, harga daun stevia melonjak tinggi. Hal inilah yang membuat banyak petani tertarik menanam stevia.

Cara menanam stevia sebenarnya tidak sulit. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (25/2/2023), berikut ini langkah menanam stevia dengan benar.

Baca juga: Budidaya Tanaman Tebu secara Konvensional

Syarat tumbuh stevia

Tanaman stevia bisa tumbuh di dataran tinggi atau rendah. Akan tetapi, pastikan lahan budidaya stevia terkena sinar matahari minimal 5 jam setiap harinya.

Ilustrasi tanaman stevia, daun stevia.PIXABAY/ROBERT Ilustrasi tanaman stevia, daun stevia.

pH tanah di tempat tersebut juga harus normal yakni antara 5,5 sampai 7. Kandungan unsur hara dan ketersediaan air juga harus diperhatikan. Pastikan kondisi tanah gembur agar tanaman stevia bisa tumbuh dengan maksimal.

Pengolahan lahan

Pengolahan lahan yang akan ditanami stevia diawali dengan cara mencangkul tanah sampai gembur. Setelah itu, beri kapur pertanian apabila pH tanah masih terlalu asam atau basa.

Baca juga: Cara Menanam Daun Mint dari Biji dan Stek Batang

Tanah yang sudah gembur kemudian diberi pupuk dasar. Barulah lahan dibuat bedengan dengan lebar 1 meter dan tinggi antara 10 sampai 20 cm.

Sementara itu, jarak antar bedengan dibuat minimal 40 cm agar air hujan atau sisa penyiraman bisa mengalir dengan baik. Anda juga bisa memasang mulsa plastik pada bedengan untuk mencegah pertumbuhan gulma.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com