Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Pemangkasan Tanaman Kopi agar Produktivitasnya Maksimal

Kompas.com - 02/07/2023, 21:03 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam budidaya kopi, pemangkasan cabang merupakan salah satu kegiatan perawatan yang penting untuk dilakukan. Pemangkasan tanaman kopi yang tepat, akan membuat pertumbuhan tanaman dan hasil panennya optimal.

Pemangkasan bertujuan untuk membuang beberapa cabang yang tidak produktif dan tumbuh tidak terkendali. Selain itu, pupuk yang diberikan dapat diserap baik bagi tanaman untuk pembentukan bunga dan biji kopi. Oleh karena itu, pemangkasan cabang kopi perlu dilakukan secara berkala.

Proses pemangkasan tanaman kopi membutuhkan keahlian, pemahaman, dan metode pemangkasan yang tepat. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, berikut penjelasan lengkap seputar pemangkasan tanaman kopi.

Baca juga: Simak, Cara Budidaya Tanaman Kopi agar Panennya Melimpah

Pemangkasan bentuk

Ilustrasi biji kopi robusta.SHUTTERSTOCK/STOCKCREATIONS Ilustrasi biji kopi robusta.

Metode pemangkasan kopi yang pertama yaitu pemangkasan bentuk. Sesuai dengan namanya, pemangkasan ini bertujuan untuk membuat bentuk tanaman kopi lebih proporsional.

Tanaman kopi dipangkas supaya tidak terlalu tinggi dan memiliki cabang yang banyak dan tumbuh menyamping. Bentuk yang proporsional ini memudahkan dalam perawatan dan proses pemanenan.

Pemangkasan produksi

Tanaman kopi membutuhkan makanan yang cukup untuk dapat memproduksi biji kopi. Makanan ini di dapat dari pemberian unsur hara yang diberikan pada saat proses pemupukan.

Cabang tanaman kopi yang terlalu banyak, membuat produksi biji kopi tidak dapat maksimal. Hal ini karena unsur hara yang diserap akan dibagi ke berbagai cabang, sehingga setiap cabang hanya mendapatkan sedikit makanan.

Baca juga: Jenis-jenis Kopi yang Tumbuh di Indonesia, Apa Saja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com