Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Manfaat Leci untuk Kesehatan

Kompas.com - 14/07/2023, 11:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Pinkvilla

JAKARTA, KOMPAS.com - Leci adalah salah satu buah yang populer di dunia selama berabad-abad. Lezat, harum, manis, dan banyak manfaat leci untuk kesehatan membuatnya menjadi tambahan yang tepat untuk asupan nutrisi Anda.

Dikutip dari Pinkvilla, Jumat (14/7/2023), leci dikemas dengan kebaikan nutrisi yang berlimpah. Antioksidan, seperti vitamin C dan flavonoid yang kaya pada buah leci, membantu melawan berbagai masalah kesehatan, termasuk kulit kusam.

Dengan kandungan air yang tinggi, buah leci dapat membantu menghilangkan dahaga dan menyegarkan Anda di hari-hari cuaca panas.

Baca juga: Cara Menanam Leci yang Benar agar Panennya Menguntungkan

Ilustrasi tanaman leciPixabay/xuanduongvan87 Ilustrasi tanaman leci

Apakah Anda menikmatinya segar, dicampur menjadi smoothie, atau ditambahkan ke salad buah, leci adalah cara yang menyenangkan untuk memasukkan kebaikan sehat ke dalam makanan Anda.

Apa itu leci?

Leci (Litchi chinensis), adalah buah kecil, bulat, atau lonjong yang berasal dari daerah subtropis Asia, paling banyak ditemukan di Asia Tenggara, Tiongkok, dan Taiwan. Leci disukai karena rasanya yang enak dan teksturnya yang unik.

Buah leci berada di dalam cangkang kasar berwarna merah muda dan memiliki daging putih bening berair yang mengelilingi satu biji di tengahnya.

Dagingnya manis, harum, dan sering digambarkan sebagai campuran rasa bunga, buah, dan sedikit asam.

Baca juga: Apakah Anggur Terkait dengan Leci? Persamaan dan Perbedaannya

Leci telah dibudidayakan selama berabad-abad dan populer di berbagai masakan di seluruh dunia. Buah leci tidak hanya dinikmati sebagai buah segar tetapi juga digunakan dalam makanan penutup, minuman, dan hidangan gurih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com