Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahapan Pasca-panen Sorgum dari Perontokan sampai Penggilingan

Kompas.com - 24/07/2023, 13:59 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sorgum adalah tanaman pangan yang kaya karbohidrat. Hasil panen sorgum bisa dikonsumsi sebagai bahan pangan pengganti beras.

Sama seperti padi, sorgum tergolong sebagai tanaman serealia. Dengan demikian, bagian tanaman sorgum yang dipanen yaitu bijinya.

Biji sorgum yang baru dipanen tidak bisa langsung dikonsumsi. Ada beberapa tahapan pasca-panen sorgum yang perlu dilakukan. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (24/7/2023), berikut ini cara pasca-panen sorgum dengan benar.

Baca juga: Budidaya Sorgum di Lahan Kering dari Pemilihan Varietas sampai Panen

Perontokan

Setelah dipanen, biji sorgum perlu dirontokkan agar terpisah dengan malainya. Cara perontokan bisa dilakukan secara manual yakni dengan memukul malai sorgum sampai bijinya terlepas.

Ilustrasi sorgum. PIXABAY/VIJAYANARASIMHA Ilustrasi sorgum.

Setelah itu, biji ditampung dalam wadah bersih. Pastikan biji sorgum langsung dirontokkan setelah dipanen untuk mencegah serangan tikus dan burung.

Pembersihan dan sortasi

Kegiatan pembersihan bertujuan untuk membuang kotoran, bagian tanaman yang tidak penting, serta menyingkirkan tanaman atau rumput yang terbawa saat panen. Setelah dibersihkan, lakukan juga sortasi untuk memisahkan dan mengelompokkan biji sorgum berdasarkan mutu dan tingkat kesegarannya.

Alat pembersih dan sortasi yang bisa digunakan yaitu ayakan berlubang, ayakan meja bergoyang, dan hembusan udara. Bentuk, ukuran, dan banyaknya lubayang ayakan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Baca juga: Cara Menanam Sorgum agar Produktivitasnya Maksimal

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com