Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Kacang Panjang dengan Mulsa agar Pertumbuhannya Optimal

Kompas.com - 31/07/2023, 10:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kacang panjang merupakan salah satu sayuran populer yang mudah ditemukan. Kacang panjang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan atau dikonsumsi langsung dalam keadaan mentah sebagai lalap.

Rasa dan tekstur yang enak membuat banyak orang menyukai sayuran ini. Tak hanya itu, harganya juga relatif murah.

Kebutuhan pasar yang tinggi membuat banyak petani membudidayakan sayuran ini. Namun, agar budidaya kacang panjang optimal, sebaiknya gunakan mulsa plastik pada bedengan yang digunakan untuk menanam kacang panjang.

Baca juga: Begini Cara Menanam Kacang Panjang di Pekarangan Rumah

Penggunaan mulsa plastik dapat mencegah pencucian pupuk, menjaga kelembapan tanah, hingga menekan pertumbuhan gulma atau tanaman liar di sekitar tanaman kacang panjang. Adapun cara menanam kacang panjang dengan mulsa plastik, seperti berikut.

Ilustrasi kacang panjang. WIKIMEDIA COMMONS/DAVID Ilustrasi kacang panjang.

Persiapan lahan

Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (31/7/2023), langkah awal budidaya kacang panjang yaitu mempersiapkan lahan yang akan digunakan. Bersihkan lahan tersebut dan cangkul dengan kedalaman kurang lebih 40 cm.

Lalu, biarkan lahan terbuka selama 2 minggu. Buat bedengan dengan lebar 80 cm, tinggi 40 cm, dan panjang menyesuaikan kondisi lahan.

Sembari digemburkan, berikan pupuk dasar berupa pupuk kandang 2 kg/tanaman dan kapur pertanian 1 sendok makan per lubang tanam. Jika pH tanah 6,5, maka kapur pertanian yang ditambahkan sebanyak 200 kg/hektare.

Buat juga saluran drainase antar bedengan sekitar 40 cm. Kemudian, pasang mulsa plastik di atas bedengan. Terakhir, buat lubang tanam dan biarkan selama 1 minggu.

Baca juga: Mudah, Cara Menanam Kacang Panjang dari Biji

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com