Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelolaan Pasca-panen Bayam agar Kesegarannya Terjaga

Kompas.com - 17/05/2023, 22:37 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bayam merupakan salah satu sayuran yang banyak disukai. Namun, sama seperti sayuran daun lainnya, masa simpan sayur ini relatif singkat.

Bahkan, setelah dipanen sayuran ini akan cepat layu atau busuk. Maka dari itu, penanganan pasca-panen bayam perlu diperhatikan dengan baik.

Tujuannya agar kualitas bayam yang sudah dipanen tetap terjaga dengan baik. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (17/5/2023), berikut tahapan pasca-panen bayam yang perlu dilakukan.

Baca juga: Tahapan Panen dan Pasca-panen Mentimun untuk Menjaga Kesegerannya

Pembersihan

Daun bayam yang sudah dipanen perlu dibersihkan dengan air mengalir. Tujuannya untuk menghilangkan hama dan tanah yang masih menempel.

Sortasi

Ilustrasi bayam, tanaman bayam. PIXABAY/MAXMANN Ilustrasi bayam, tanaman bayam.

Sebelum dipasarkan atau dikonsumsi, sebaiknya lakukan sortasi terlebih dahulu. Tujuannya untuk memisahkan bayam yang segar dan berkualitas baik dengan bayam yang kualitasnya kurang baik. Selain itu, lakukan juga pemotongan tangkai dan buang daun yang rusak.

Pengemasan

Bayam biasanya diikat sebelum dipasarkan. Banyaknya jumlah bayam dalam setiap ikatan disesuaikan dengan kebutuhan. Setelah itu, letakkan ikatan bayam pada keranjang bersih dan diangkaut.

Baca juga: Simak, Cara Panen dan Pasca-panen Tanaman Sawi yang Benar

Penyimpanan

Tahapan pasca-panen bayam berikutnya yaitu penyimpanan. Sayuran bayam memiliki masa simpan yang relatif singkat.

Di suhu kamar, kesegarannya hanya bertahan selama 12 jam. Maka dari itu, untuk menjaga kesegaran sayuran daun ini, sebaiknya simpan bayam dengan cara celupkan akar ke dalam air atau disimpan di kulkas.

Penyimpanan di dalam kulkas bisa menjaga kesegaran bayam 12 sampai 14 hari. Akan tetapi, sangat dianjurkan untuk segera mengolah bayam saat masih segar.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com